Fadnov Air Tech

cropped-e34fbfb4b82f4c8391a1c5763e10211d.webp

Mon – Fri 08.00 – 17.00
Sat & Sun Closed

Email
marketing@fadnovairtech.com

Call Us
082240023779

Faktor Kebocoran Udara pada Kompresor yang Sering Terlewat

Faktor Kebocoran Udara pada Kompresor yang Sering Terlewat

Kebocoran udara pada sistem kompresi merupakan masalah umum yang sering dihadapi banyak industri, menyebabkan kerugian dan biaya operasional yang tidak sedikit. Sebagai vendor kompresor terpercaya di Indonesia, Fadnov Airtech memahami pentingnya menjaga sistem udara bertekanan agar beroperasi dengan optimal serta terhindar dari kebocoran udara pada kompresor. Artikel ini akan menjelaskan mengapa kebocoran udara bisa terjadi dan delapan faktor yang menyebabkan kebocoran udara pada kompresor!

Mengapa Kebocoran Udara Bisa Terjadi?

Kebocoran udara terjadi ketika ada celah atau retakan pada sistem yang seharusnya tertutup rapat. Ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk pemilihan bahan yang kurang tepat, kesalahan dalam pendimensian sistem, atau kurangnya perawatan pada komponen sistem. Rata-rata, 25% dari semua udara terkompresi yang dihasilkan hilang karena kebocoran, yang tidak hanya mengurangi efisiensi tapi juga meningkatkan biaya operasi secara signifikan.

Faktor Penyebab Kebocoran Udara

1. Pemilihan Material yang Tidak Tepat

Penggunaan bahan yang tidak sesuai standar untuk perpipaan dapat membuat kompresi udara cepat rusak atau erosi, serta menyebabkan kebocoran.

2. Desain Sistem yang Kurang Optimal

Sistem yang dirancang tanpa mempertimbangkan kebutuhan spesifik dari pengolahan udara dan kapasitas yang sesuai, sering kali berujung pada kebocoran.

Artikel Lainnya: Tanda Waktunya Memperbaiki Kompresor Udara

3. Kurangnya Perawatan

Sistem kompresor udara yang tidak dirawat dengan baik cenderung memiliki komponen yang aus atau rusak, sehingga mampu meningkatkan risiko kebocoran.

4. Pemasangan yang Tidak Sesuai

Kesalahan saat pemasangan komponen dapat menyebabkan ketidakcocokan atau celah yang menjadi sumber kebocoran.

5. Penuaan Infrastruktur

Usia pada komponen sistem yang sudah tua dan aus secara alami akan lebih rentan terhadap kebocoran.

6. Perubahan Tekanan yang Ekstrem

Tekanan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan retakan atau kerusakan pada sistem.

Artikel Lainnya: Tips Pilih Filter Udara yang Tepat untuk Kompresor Udara

7. Kualitas Udara yang Buruk

Partikel atau kontaminan dalam udara dapat merusak bagian dalam sistem dan menyebabkan kebocoran.

8. Kondisi Operasional yang Buruk

Lingkungan dengan suhu ekstrem atau kelembapan tinggi dapat mempercepat kerusakan material dan menyebabkan kebocoran.

Itu dia 8 faktor penyebab kebocoran udara pada kompresor yang sering kali terlewat oleh kita pemilik bisnis ataupun teknisi. Menangani kebocoran udara bukan hanya tentang mengurangi biaya operasional, tapi juga tentang memastikan keandalan dan efisiensi sistem kompresi udara. Fadnov Airtech menawarkan solusi maintenance komprehensif untuk mendeteksi dan memperbaiki kebocoran udara pada kompresor, sehingga membantu pelanggan memaksimalkan produktivitas dan mengurangi biaya operasi.

Audit kebocoran dari Fadnov Airtech menggunakan teknologi canggih untuk menilai secara akurat dan efisien kebocoran dalam sistem, dan menyediakan solusi perbaikan yang tepat. Dengan perawatan dan perbaikan yang tepat, pengguna dapat mengurangi kebocoran pada sistem hingga di bawah 10%, sebuah angka yang jauh lebih efisien dibandingkan dengan rata-rata industri.

Fadnov Airtech, dengan pengalaman dan keahliannya, siap membantu industri di Indonesia untuk mengoptimalkan sistem kompresi udara mereka. Dengan layanan maintenance dan perawatan yang tepat, setiap industri bisa mengurangi kerugian yang disebabkan oleh kebocoran udara. Dapatkan layanan sewa kompresor di Fadnov Airtech sekarang!

Sumber: 

Artikel Atlas Copco. Kebocoran Udara dan Cara Memperbaikinya. Diakses Mei 2024.

× Contact us