Fadnov Air Tech

cropped-e34fbfb4b82f4c8391a1c5763e10211d.webp

Mon – Fri 08.00 – 17.00
Sat & Sun Closed

Email
marketing@fadnovairtech.com

Call Us
082240023779

Fungsi PSI Kompresor di Industri Mekanik

Fungsi PSI Kompresor di Industri Mekanik

Membahas mengenai peralatan terpenting dalam operasional sebuah industri, kita pasti menemukan kompresor sebagai salah satu yang menduduki posisi utama. Namun, dalam istilah teknis ternyata kita juga perlu memahami adanya PSI (Pounds per Square Inch) yang menjadi titik ukur dalam menjalankan operasi yang lancar dan efisien. Mari kita lihat pengertian dan peran penting PSI dalam konteks kompresor, serta beberapa pertanyaan umum seputar tekanan udara dan kapasitas kompresor.

PSI, atau Pounds per Square Inch, adalah satuan tekanan yang umum digunakan dalam kompresor udara. Ini mengacu pada berapa banyak tekanan yang dihasilkan oleh kompresor dalam satu inci persegi area. Dalam istilah sederhana, semakin tinggi nilai PSI, semakin tinggi tekanan udara yang dihasilkan oleh kompresor.

PSI memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja dan keamanan operasi kompresor. Tekanan udara yang tepat adalah kunci untuk menjalankan peralatan yang membutuhkan udara terkompresi, seperti alat pneumatik, mesin industri, dan peralatan lainnya. Tekanan yang tidak memadai dapat mengurangi kinerja alat, sementara tekanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan atau bahkan kecelakaan.

Tekanan udara yang dihasilkan oleh kompresor dapat bervariasi tergantung pada jenis kompresor dan penggunaannya. Secara umum, kompresor industri dapat menghasilkan tekanan antara 100 hingga 200 PSI, meskipun beberapa aplikasi khusus mungkin memerlukan tekanan yang lebih tinggi.

Kapasitas kompresor, yang sering diukur dalam SCFM (Standard Cubic Feet per Minute), merujuk pada seberapa banyak udara yang dapat dihasilkan oleh kompresor dalam satu menit pada suhu dan tekanan standar. Kapasitas ini juga bervariasi tergantung pada jenis kompresor dan ukurannya. Fadnov Airtech menyediakan berbagai pilihan kompresor dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan industri Anda.

Fungsi Kompresor PSI

  1. Menggerakkan alat pneumatik seperti bor udara, pemotong, dan pemaku paku.
  2. Menyediakan udara terkompresi untuk mengoperasikan mesin dan peralatan di berbagai industri.
  3. Menyuplai udara tekan untuk keperluan penyemprotan dan pengecatan.
  4. Digunakan dalam proses produksi untuk mengontrol sistem pneumatik dan hidrolik.
  5. Mendukung sistem pengangkutan material di sektor industri dan konstruksi.


Menjalankan operasi industri yang lancar dan efisien penting untuk teknisi mengetahui pemahaman tentang PSI dalam konteks kompresor. Dengan pengetahuan yang tepat, serta layanan unggulan dari Fadnov Airtech dalam menyediakan kompresor terbaik dan berkualitas, Anda dapat memastikan operasi bisnis Anda berjalan dengan baik tanpa hambatan. Dengan kombinasi antara teknologi mutakhir dan komitmen terhadap kepuasan pelanggan, Fadnov Airtech hadir sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan kompresor Anda. Hubungi Fadnov Airtech sebagai solusi rental kompresor terbaik untuk kebutuhan Anda!

Sumber: 

Artikel Atlascopco. Different air compressor measurement. Diakses April 2024.

× Contact us