Fadnov Air Tech

cropped-e34fbfb4b82f4c8391a1c5763e10211d.webp

Mon – Fri 08.00 – 17.00
Sat & Sun Closed

Email
marketing@fadnovairtech.com

Call Us
082240023779

Mengenal Kompresor Udara Belt Driven

Mengenal Kompresor Udara Belt Driven

Kompresor udara belt driven menggunakan sistem sabuk dan puli atau elemen mesin untuk mentransmisikan daya dari motor ke bagian piston atau rotor kompresor udara. Sabuk yang terhubung antara motor dan kompresor memungkinkan penggerak sabuk untuk menggerakkan piston atau rotor dengan kecepatan yang diatur.

Saat motor kompresor udara berputar, ia akan menggerakkan sabuk dan mentransfer daya ke ujung udara melalui sistem puli. Ukuran puli menentukan kapasitas tekanan maksimum (PSI) dan aliran udara (CFM) untuk kompresor udara. Sebagian besar kompresor udara piston menggunakan belt driven.

Kelebihan Kompresor Udara Belt Driven

Kelebihan utama kompresor udara berpenggerak sabuk adalah fleksibilitas yang mereka berikan; peringkat CFM dan PSI untuk mesin dapat diubah dengan mengatur konfigurasi sabuk dan puli. Fleksibilitas ini dapat menjadi keuntungan bagi pemilik usaha yang mungkin perlu mengubah tekanan bagi alat di waktu yang akan datang (sehingga mengubah CFM), seperti usaha kayu atau bengkel mobil. 

Mengenal Cara Kerja Kompresor Udara Belt Driven 

Sistem puli yang digunakan untuk menghubungkan sabuk ke motor dan pompa udara menentukan bagaimana RPM motor diterjemahkan menjadi kecepatan pompa udara. Oleh karena itu, mengubah konfigurasi puli dan belt dapat mengubah tekanan maksimum dan mengurangi aliran udara untuk unit tersebut. Ingat cara kerja variabel-variabel ini bersifat terbalik; jika satu dinaikkan, yang lain harus turunkan.

Jadi, kamu dapat lebih banyak menghasilkan CFM pada PSI yang lebih rendah, atau lebih banyak PSI pada CFM yang lebih rendah, tetapi tidak bisa meningkatkan keduanya secara bersamaan (tanpa mengubah daya motor). Sebagai contoh, kamu bisa mengubah kompresor yang memiliki peringkat 100 CFM pada 125 PSI menjadi satu yang memberikan CFM lebih tinggi pada 100 PSI dengan mengubah konfigurasi puli. (Seberapa tinggi tergantung pada variabel lain dalam desain kompresor).

Kompresor belt driven menawarkan beberapa keuntungan lain juga. Kompresor udara belt driven adalah jenis kompresor yang relatif mudah untuk diperiksa dan diganti. Meskipun layanan mungkin lebih sering, tim pemeliharaan kompresor yang disediakan Fadnov Airtech dapat memeriksa dan mengganti belt sesuai kebutuhan. 

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Kompresor Udara Belt Driven

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih antara kompresor penggerak langsung dan penggerak sabuk, termasuk pola penggunaan, anggaran yang tersedia, biaya energi, lingkungan penggunaan, dan kemampuan pemeliharaan Anda. Ingatlah bahwa kompresor ulir rotary lebih cenderung menjadi penggerak langsung, sementara sebagian besar kompresor piston menggunakan penggerak sabuk.

1. Penggunaan Udara

Seberapa besar Anda akan menggunakan kompresor? atau akan ada banyak start dan stop? Berapa banyak udara yang Anda gunakan secara total selama satu shift atau sehari? Berapa PSI yang perlu dipertahankan pada CFM tersebut? Apakah kebutuhan PSI dan CFM Anda bervariasi?

Kompresor penggerak langsung lebih tahan lama dan dapat diandalkan, memberikan keuntungan besar untuk operasional yang kontinu dan kebutuhan CFM tinggi.

Di sisi lain, jika kebutuhan CFM Anda lebih sederhana dan Anda berpikir Anda mungkin perlu mengubah peringkat PSI dan CFM kompresor Anda suatu saat nanti, kompresor udara belt driven adalah pilihan yang tepat.

2. Anggaran yang Tersedia

Saat mengevaluasi perbedaan biaya antara kompresor direct driven dan belt driven, Anda perlu mempertimbangkan dua faktor: biaya awal dan biaya seumur hidup.

Kompresor penggerak sabuk biasanya lebih murah daripada kompresor penggerak langsung dengan daya kuda dan CFM yang sebanding. Jika Anda mencoba membatasi pengeluaran modal, mungkin ini adalah pilihan yang tepat. 

3. Lingkungan Penggunaan

Jika kompresor Anda akan beroperasi di lingkungan yang terpapar bahan kimia, atau suhu tinggi, pilih penggerak langsung. Sabuk pada kompresor belt driven sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan fluktuasi, serta terhadap paparan garam atau zat kimia korosif. 

4. Pemeliharaan

Dalam hal waktu dan frekuensi pemeliharaan, penggerak langsung lagi-lagi menang. Kompresor penggerak langsung tidak memerlukan pemeliharaan  karena tidak ada sabuk yang perlu diperiksa dan diganti. Namun, perlu diingat bahwa ketika perawatan diperlukan untuk penggerak langsung, kemungkinan akan lebih mahal dan memerlukan layanan khusus.

Kompresor udara penggerak langsung menawarkan keuntungan signifikan dalam hal efisiensi, keandalan, dan umur pakai. Namun, jika fleksibilitas dan penghematan biaya yang Anda cari kompresor udara belt driven bisa menjadi pilihan yang tepat untuk fasilitas Anda.

Tidak yakin jenis kompresor udara mana yang tepat untuk Anda? Fadnov Airtech dapat membantu Anda memilih antara kompresor udara penggerak langsung dan penggerak sabuk serta menemukan peralatan yang tepat untuk fasilitas Anda.

Hubungi sekarang untuk mendapatkan layanan rental kompresor yang tepat untuk memenuhi kebutuhan industri Anda!

× Contact us