Fadnov Air Tech

cropped-e34fbfb4b82f4c8391a1c5763e10211d.webp

Mon – Fri 08.00 – 17.00
Sat & Sun Closed

Email
marketing@fadnovairtech.com

Call Us
082240023779

Tips Pilih Filter Udara yang Tepat untuk Kompresor Udara

Tips Pilih Filter Udara yang Tepat untuk Kompresor Udara

Ketika kita berbicara tentang kinerja kompresor udara, salah satu elemen kunci yang sering diabaikan adalah filter udara. Filter udara yang tepat bukan hanya memastikan keberlanjutan operasi, tetapi juga berfungsi melindungi mesin dari kerusakan yang dapat terjadi akibat partikel-partikel kecil yang dapat masuk.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya memilih filter udara yang tepat untuk kompresor udara, cara-cara untuk melakukan pemilihan yang bijak, serta tanda-tanda filter yang perlu diganti. Langsung simak penjabarannya di bawah ini!

Cara Memilih Filter Udara yang Tepat

Mendapatkan filter udara yang tepat tidak boleh disepelekan, karena filter udara punya peran penting dalam menjaga kualitas udara yang masuk ke dalam sistem, melindungi mesin dari kotoran dan partikel-partikel berbahaya yang dapat merusak komponen-komponen internal. Berikut beberapa cara menentukan filter udara yang tepat:

1. Identifikasi lingkungan operasional

Coba cek apakah lingkungan Anda bekerja cukup berdebu atau tidak terlalu berdebu sehingga bisa memilih filter yang sesuai.

2. Tingkat efisiensi filtrasi

Jenis filter dengan tingkat efisiensi filtrasi yang sesuai dapat digunakan sesuai kebutuhan guna mencegah kerusakan akibat partikel-partikel halus.  Faktor-faktor seperti jenis partikel yang harus dihilangkan, ukuran partikel, dan lingkungan operasional juga jadi pertimbangan untuk efisiensi dan keberlanjutan sistem filtrasi.

Mengenali Tanda Filter Udara Sudah Harus Diganti

1. Adanya Penurunan Tekanan Udara

Salah satu tanda yang paling jelas bahwa filter udara perlu diganti adalah adanya penurunan tekanan udara dalam sistem. Jika kamu mulai mengalami penurunan dalam performa tekanan udara yang dihasilkan oleh kompresor, bisa jadi itu disebabkan oleh filter yang sudah terlalu terkontaminasi.

2. Peningkatan Konsumsi Energi

Filter udara yang sudah kotor dapat meningkatkan beban kerja kompresor, memaksa mesin untuk bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak energi. Jika Anda melihat peningkatan yang tidak wajar dalam konsumsi energi, ini bisa menjadi indikasi bahwa filter udara perlu diganti.

3. Kualitas Udara yang Buruk

Jika kualitas udara yang keluar dari sistem kompresor menurun, bisa jadi filter udara tidak lagi efektif dalam menangkap kotoran dan partikel-partikel kecil. Ini dapat memengaruhi berbagai fitur pada kompresor yang memerlukan udara bersih, seperti sistem pneumatik atau alat-alat presisi.

4. Peningkatan Debu atau Kotoran Sekitar Filter

Periksa fisik filter udara secara langsung. Jika kamu melihat peningkatan debu atau kotoran di sekitar filter, itu menunjukkan bahwa filter tidak lagi mampu menahan partikel-partikel tersebut. 

5. Warna filter menjadi lebih gelap

Pemeriksaan filter secara teratur dapat membantu kamu mengidentifikasi tanda-tanda ini sebelum masalah lebih lanjut terjadi.

Dalam menjaga performa optimal kompresor udara, penting untuk memahami dan mengamati tanda-tanda ini agar filter udara dapat diganti secara tepat waktu, menjaga keberlanjutan operasi yang efisien dan melindungi mesin dari potensi kerusakan. Kamu bisa mempertimbangkan kompresor udara dari Fadnov AirTech untuk memastikan kinerja filter yang optimall.

Fadnov AirTech tidak hanya menyiapkan filter dan berbagai jenis kompresor terbaik untukmu tapi juga memastikan bahwa kompresor udara beroperasi dengan baik secara berkepanjangan. Yuk nikmati layanan rental kompresor hanya di Fadnov AirTech!

Sumber:

https://www.atlascopco.com/id-id/compressors/air-compressor-blog/memilih-filter-kompresor

× Contact us